https://laptopguard.co.id

Laptop kini sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian kalangan untuk menunjang pekerjaan. Namun masih banyak orang yang tidak tahu cara merawat laptop dengan baik dan benar. Ujungnya masa pakai laptop akan jadi semakin cepat dan terjadi kerusakan pada laptop yang akhirnya akan memakan biaya. Untuk itu pentingnya tau cara perawatan yang baik dan benar agar laptop tetap awet.

Contoh hal kecil yang sering diabaikan adalah mematikan laptop paksa, laptop dimatikan paksa ini sangat berbahaya sebenarnya. Akan ada banyak potensi kerusakan dikemudian hari. Untuk itu mulai sekarang tidak lagi matikan laptop secara paksa, karena berikut ini 5 Bahaya Laptop Dimatikan Paksa.

5 Bahaya Laptop Dimatikan Paksa

Harddisk Rusak

Salah satu akibat laptop sering dimatikan paksa adalah harddisk rusak. Harddisk ini berfungsi sebagai penyimapanan dan booting pada laptop. Harddisk ini berbentuk piringan yang berputar, jadi ketika dimatikan paksa piringan akan tiba-tiba berhenti berputar. Jika ini terus dilakukan maka akan membuat piringan tersebut cepat rusak dan harddisk akan mengalami bad sector. Jika sudah terdapat bad sector pada harddisk baiknya untuk back up data yang penting karena secara otomatis masa pakai harddis sudah berkurang.

RAM Bermasalah

Selain harddisk, laptop yang dimatikan paksa juga bisa menimbulkan masalah pada RAM. RAM berfungsi untuk menampilkan gambar pada layar serta untuk menjalankan aplikasi. Jika laptop dimatikan secara paksa otomatis aplikasi yang sedang berjalan akan dihentikan secara paksa. Ini tentu akan membuat kinerja RAM menjadi tidak sesuai. Karena itu laptop yang dimatikan paksa berpotensi membuat RAM bermasalah.

Prosesor Cepat Rusak

Selanjut adalah prosesor, saat laptop dimatikan secara paksa akan membuat heatsink bekerja lebih kencang. Ini karena prosesor akan sangat panas sehingga membutuhkan pendingin ekstra. Karena itu jika laptop terus dimatikan paksa akan membuat masa pakai prosesor akan menjadi lebih cepat karena kerja prosesor akan berlipat ganda. Untuk itu tidak disarankan mematikan laptop secara paksa demi kesehatan laptop.

Merusak Power Supply

Masalah selnjutnya yang akan terjadi ketika laptop dimatikan paksa adalah rusaknya power supply. Saat laptop dimatikan paksa dengan otomatis bios akan memberikan perintah untuk menghentikan semua proses. Ini juga berlaku pada power supply laptop, jadi ketika dihentikan tiba-tiba secara terus menerus tentu akan menyebabkan kerusakan.

Registry Eror

Resistry merupakan basis data internal yang banyak dan penting yang tersimpan dengan rapi pada laptop. Banyak informasi penting tentang laptop laptop yang tersimpan disini. Jadi ketika mematikan laptop secara paksa akan membuat resgistry menjadi cepat eror.

Itulah 5 Bahaya Laptop Dimatikan Paksa. Jika laptop mengalami kerusakan bisa menghubungi nomor teknisi Laptopguard service laptop jogja bergaransi di bawah ini untuk melakukan perbaikan.

Leave a Reply