Cara Membedakan Laptop Original Atau Rekondisi (Rakitan)

Cara Membedakan Laptop Original Atau Rekondisi (Rakitan) – Pada zaman yang semakin maju ini makin marak praktek penipuan yang dilakukan lewat media online, biasanya praktek yang dilakukan akan berujung pada hilangnya uang korban. Namun sejalan lurus dengan majunya teknologi, cara menipu pun menjadi semakin variatif.

Saat ini banyak oknum penipu yang tidak langsung melakukan aksinya dengan meminta uang korban secara langsung, namun mereka melakukan praktek penipuannya dengan kedok berjualan.

Salah satunya adalah dengan menjual laptop rekondisi yang berkedok laptop baru dengan harga murah.

Apa Yang Dimaksud Dengan Laptop Rekondisi ?

Berbeda dengn laptop asli, laptop rekondisi adalah laptop yang dirakit secara tidak resmi oleh oknum, biasanya laptop ini memiliki tampilan luar yang mirip dengan laptop dari pabrik, namun yang menjadi masalah adalah bagian dalam laptop tersebut. Bisa jadi bagian dalam laptop tidak sesuai dengan spesifikasi yang seharusnya, atau bisa juga sparepart yang digunakan tidak sesuai standart.

Namun perlu diperhatikan, oknum yang melakukan penipuan laptop rekondisi ini berbeda dengan orang atau toko yang menjual laptop bekas. penjual laptop bekas biasanya memberi tahu kekurangan dan peformadari laptop yang dijual, dan juga jika ada perubahan spare part akan ada keterangan yang diberikan.

Cara Membedakan Laptop Original Atau Rekondisi (Rakitan)

 

 

1. Cek Brosur Resmi dan Website dari Pabrikan

Pastikan laptop yang akan anda beli sesuai dengan spesifikasi dan kelengkapan yang ada di brosur dan website, jika salah satu atau 2 hal tersebut tidak sesuai dengan yang ada di brosur maka perlu dicurigai mungkin saja laptop tersebut mmerupakan laptop rekondisi.

2. Hati-Hati dengan segel

Segel merupakan tanda bahwa laptop tersebut adalah asli rakitan dari pabrik, dan dengan segel tersebut jika kita mengalami kerusakan kita bisa mengklaim garansi. Namun bagi oknum pembuat laptop rekondisi segel ini dapat dipalsukan sehingga calon pembeli tertipu dan menganggap laptop tersebut memang asli dari pabrikan.

3. Harga dibawah standart

Salah satu hal yang membuat laptop rekondisi ini menarik adalah laptop dijual dibawah harga yang ditentukan oleh perusahaan pembuat laptop. Padahal jiika dinalar, tidak mungkin laptop dijual dibawah harga resmi.

4. Cek Kartu Garansi

CARA MEMBEDAKAN LAPTOP ORIGINAL ATAU REKONDISI (RAKITAN) selanjutnya  adalah memastikan laptop sesuai dengan brosur, jangan lupa untuk mengecek kartu garansi, biasanya perusahaan memberikan garansi hanya 1-2 tahun bahkan lebih untuk menjamin kondisi laptop,jika anda menemukan kartu garansi memberikan garansi kurang dari itu bisa jadi laptop bukan barang resmi dari perusahaan.

5. Ajak orang yang berpengalaman

Agar lebih yakin apakah laptop yang akan anda beli adalah barang original, ajaklah teman atau orang yang lebih mengerti tentang laptop dan mintalah bantuannya untuk mengecek laptop tersebut.

Nah dengan mengetahui cara membedakan laptop original dengan laptop rekondisi, semoga anda bisa lebih teliti dalam membeli laptop

BE A SMART BUYER ­čÖé

Leave a Reply