Saat ini akses internet memang sangat mudah, bahkan hampir semua orang saat ini sudah bisa mengakses internet. Meskipun tidak semua orang bisa menikmati kecepatan internet dengan maksimal, namun setidaknya pemerataan soal internet sudah sedikit lebih baik. Dengan mudahnya akses internet tentu ada baik buruk yang harus ditanggung. Baiknya kini informasi bisa didapat dengan mudah, tatapi buruknya misal saja malware bisa menyerang siapa saja.

Malware merupakan sebuah software yang bersifat merusak komputer atau laptop layaknya virus. Jadi malware ini sangat berbahaya layaknya virus karena dapat merusak file atau data yang tersimpan di komputer atau laptop. Namun sebenarnya ada beberapa cara untuk menghindari malware ini agar tidak masuk ke laptop atau komputer. Berikut ini Cara Menghindari Malware Berbahaya.

Cara Menghindari Malware Berbahaya

Back Up File

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menhidari malware berbaya adalah selalu back up file dan data penting. Karena tidak tau kapan malware akan menyerang laptop atau komputer, ada baiknya untuk melakukan back up file dan data penting yang tersimpan pada komputer atau laptop tersebut. Back up bisa dilakukan di media penyimpanan lain atau penyimpanan online seperti Google Drive. Denga begitu ketika terkena malware tidak panik karena data dan file penting sudah ada back up.

Matikan Koneksi Internet

Saat terkena serangan malware disarankan untuk langsung mematikan koneksi internet. Ini bertujuan untuk mengurangi resiko dari malware tersebut, karena biasanya malware bekerja menggunaka transmisi dari internet. Untuk itu perlu langsung mematikan internet ketika terkena malware sehingga transmisi tersebut bisa terputus dengan segera dan mengurangi resiko.

Hapus Temporary File

Karena tidak tau dari mana datangnya malware tersebut, ada baiknya untuk mulai sering menghapus temporary file. Karena bisa saja malware berada pada temporary file, untuk cara menghapus temporary file cukup mudah. Caranya dengan menekan tombol win+R dan cari “temp”, setelah itu nantinya akan diarahkan ke folder temporary file dan hapus semua file tersebut.

Scan Anti Malware

Selanjutnya bisa scan menggunakan anti malware, software ini berfungsi untuk mendeteksi jika di dalam laptop terdapat malware atau tidak. Software anti malware bisa di download di internet pada web resmi. Dengan begitu jika terdapat malware pada komputer atau laptop akan segera ketahuan dan bisa langsung menghapus malware tersebut.

Windows Defender

Sebenarnya windowsn sudah menyediakan software bawaan untuk mengatasi malware yaitu windows defender. Baiknya untuk melakukan scan secara teratur untuk mendeteksi jika laptop terkena malware atau tidak.

Itulah Cara Menghindari Malware Berbahaya, jika laptop mengalami kerusakan bisa menghubungi nomor teknisi kami di bawah ini untuk melakukan perbaikan.

Leave a Reply