Sumber gambar : Pexels.com

Saat menggunakan laptop masalah umum yang selalu terjadi oleh pengguna laptop adalah laptop lemot atau lamban. Permasalahan laptop lemot atau lamban ini dapat mengganggu aktivitas pengguna laptop pada kesehariannya. Tak jarang pengguna laptop menjadi merasa terganggu, badmood dan stress pada saat menggunakan laptop yang lemot atau lamban. Maka dari itu jangan lah stress terlebih dahulu menghadapi laptop yang lemot atau lamban ini. Ada beberapa cara agar laptop kalian tidak lemot atau lamban lagi dan dapat digunakan normal seperti semula.

  • Hapus Aplikasi Berat pada Laptop

Di laptop kalian pasti banyak mengunduh aplikasi. Tak jarang ada aplikasi atau program pada laptop yang memakan banyak penyimpanan RAM dan CPU. Banyak aplikasi atau program juga mampu menyebabkan laptop kalian menjadi lemot. Sebaiknya kalian menghapus aplikasi yang dirasa tidak penting dan unduhlah beberapa aplikasi yang penting menurut kalian.

  • Menambahkan lebih banyak RAM  pada Laptop

Bagi kalian yang memang ingin memiliki atau mengunduh banyak aplikasi secara bersamaan juga memiliki banyak file besar. Tambahlah lebih banyak RAM yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja pada laptop kalian. Pastikalah terlebih dahulu bahwa laptop kalian mendukung untuk meningkatkan RAM sebelum menginstal dan membeli RAM tersebut.

  • Mengganti memori ke SSD

Bagi laptop kalian yang masih menggunakan memori berbasis HDD, maka gantilah laptop kalian dari HDD ke SSD. SSD lebih memiliki kecepatan tinggi untuk pemrosesan data dibandingkan menggunakan HDD yang kecepatannya lebih rendah. Meskipun nyatanya harga SSD cukup mahal, jika untuk memperlancar kegiatan laptop kalian disarankan untuk membeli dan menggantinya.

  • Menggunakan pendingin khusus laptop

Jika kalian membuka banyak sekali aplikasi untuk menunjang supaya laptop kalian tidak cepat panas dan menjadi lemot. Kalian bisa menggunakan pendingin khusus laptop untuk menurunkan suhu pada laptop kalian agar tidak cepat panas dan lemot.

  • Matikan program yang berjalan secara otomatis setelah laptop dinyalakan

Ketika kalian menghidupkan laptop, program yang berjalan akan aktif secara otomatis. Jika penggunaan program ini memiliki jumlah yang banyak hal ini dapat meningkatkan dan juga memakan banyak memori RAM. Maka dari itu matikanlah pengaturan program yang berjalan secara otomatis ini setelah laptop dinyalakan. Kalian dapat mengatur ke pengaturan melalui Activity Monitor (Mac) atau Task Manager (Windows).

  • Memperbarui perangkat lunak

Di laptop kalian sudah dipastikan memiliki sistem operasi, driver perangkat keras, dan juga perangkat lunak lainnya. Pastikan untuk selalu memperbarui hal hal di atas. Laptop akan memperbarui perangkat lunak yaitu peningkatan kinerja dan perbaikan bug. Hal ini untuk meningkatkan kecepatan laptop kalian.

  • Membersihkan disk pada laptop

Laptop kalian pasti memiliki disk. Jika disk di laptop kalian di penuhi file dan juga program hal ini dapat membuat laptop menjadi lemot atau lamban. Untuk mengatasi hal tersebut, hapuslah file dan program yang tidak kalian perlukan ataupun kalian bisa memindahkan file atau program tersebut ke penyimpanan eksternal. Kalian juga bisa menggunakan jasa pembersihan disk bawaan dari laptop atau software pihak ketiga.

  • Memindai file atau virus berbahaya

Tak jarang laptop kalian pasti terinfeksi file atau virus berbahaya yang mana dapat memperlambat kinerja laptop. Maka dari itu, gunakanlah pemindaian anti virus dan juga pastikan anti virus tersebut selalu di perbarui. pastikan untuk selalu memindai anti virus secara berkala. Kalian jangan sembarangan untuk membuka lampiran atau tautan yang tidak jelas sumbernya, supaya tidak terinfeksi file atau virus berbahaya.

  • Mengaktifkan disk defragmenter

Jika laptop kalian menggunakan operasi windows, kalian bisa mengaktifkan fitur defragmenter. Fitur disk defragmenter ini dapat mengoptimalkan kecepatan pemindaian data juga pengaturan. Dengan fitur ini ,dapat meningkatkan kinerja laptop secara maksimal di keseluruhannya.

  • Melakukan restart pada laptop

Jika laptop kalian lemot atau lamban, hal paling sederhana yang perlu kalian lakukan adalah dengan melakukan restart pada laptop kalian. Hal ini berfungsi untuk membersihkan dan menutup program latar belakang. Dan juga dapat membersihkan memori – memori pada laptop kalian.

Nah itu tadi  beberapa cara servis laptop lemot. Jika kondisi laptop kalian lemotnya tidak bisa di atasi dengan cara servis di atas, di harapkan untuk segera membawa laptop kalian ke tempat service. Agar permasalahan laptop lemot kalian teratasi dan kalian tidak lagi stress dalam menghadapi laptop yang lemot.

 Bagi kalian yang berdomisili Jogja dan masih bingung ingin menservis laptop dimana, banyak orang yang merekomendasikan untuk kalian menservis laptop ke Laptop Guard. Kami memiliki teknisi yang profesional dan handal. Kalian dapat menanyakan keluhan laptopmu ke layanan konsumen link di bawah ini.https://api.whatsapp.com/send?phone=6285228201684&text=Halo%20Laptop%20Guard .

Leave a Reply