Halo Sedulurrr !!!

Akhir-akhir ini banyak orang yang lebih senang menggunakan laptop daripada komputer atau pc, hal ini disebabkan laptop lebih simple dan mudah untuk dibawa,.selain itu laptop juga tidak terlalu banyak memakan tempat.

Akan tetapi dengan berbagai kelebihannya, bukan berarti laptop lebih unggul dari pc atau komputer. laptop dan komputer memiliki kelebihan dan kekurangan yang tidak dimiliki satu sama lain, jadi untuk penggunaan yang maksimal, sedulur harus bisa mempertimbangkan peranti mana yang cocok dengan kebutuhan kita.

Laptop sendiri biasanya digunakan orang yang membutuhkan mobilitas tinggi dan sangat perlu dengan kepraktisan. Namun laptop sendiri memiliki kekurangan yang cukup banyak, diantaranya laptop mudah laptop di beberapa komponennya.

Nah kali ini Laptopguard akan membahas beberapa kerusakan umum yang terjadi

di laptop, semoga membantu!!!

1. Keyboard tiba-tiba tidak menyala

broken keyboard

Pernah ga ketika menggunakan laptop tiba-tiba keyboard laptop sedulur tidak bisa digunakan, atau ketika memencet satu huruf malah yang keluar huruf lain??

Kerusakan di keyboard ini memiliki 2 kemungkinan, yaitu kerusakan pada software atau kerusakan pada hardware.

Jika kerusakan pada keyboard terjadi karena software, sedulur bisa mencoba untuk merestart laptop. Ketika sudah menyala lagi silahkan cek apakah kerusakan sudah teratasi atau belum. Jika masih belum teratasi coba cek driver pengelola keyboard dan meng-uninstall driver tersebut, Setelah itu restart laptop sedulur, dan ketika menyala maka driver keyboard bawaan dari laptop akan ter-install secara otomatis.

Nah sekarang jika kerusakan keyboard disebabkan oleh hardware, bisa jadi kerusakan tersebut disebabkan keyboard kotor, hal yang bisa sedulur lakukan adalah membersihkan keyboard dengan kuas yang lembut atau vacumm cleaner khusus keyboard. Namun jika setelah dibersihkan keyboard tidak kembali normal, lebih baik jika sedulur membawa laptop kesayangannya ke tempat service laptop atau bisa juga di bawa ke Laptopguard yang sudah memiliki pengalaman dalam menangani berbagai keluhan laptop/pc.

2. LCD tiba-tiba backlight dan berhenti bekerja.

Nah ketika hal ini terjadipada laptop sedulur mengalami hal seperti ini kemungkinan papan inverter yang ada di laptop rusak dan harus diganti atau bisa saja kerusakan tersebut di sebabkan oleh lampu backlight LCD yang bermasalah dan solusinya adalah dengan mengganti LCD yang baru.

3. Laptop tiba-tiba mati dan overheat (panas)

Saat menonton film dan bermain game dan laptop tiba-tiba mati memang hal yang menyebalkan, namun perlu diketahui bahwa hal itu bisa menjadi indikasi bahwa laptop sedulur sedang bermasalah.

Laptop yang mati dan terasa panas disebabkan oleh pendinginan yang tidak sempurna pada processor, bisa jadi ada kotoran seperti debu yang menghambat pendinginan tersebut.

Jika tidak segera ditangani masalah overheat ini tidak hanya menyebabkan laptop tiba-tiba mati, akan tetapi masalah overheat ini bisa menyebabkan kerusakan-kerusakan pada hadware lain.

Untuk menangani hal tersebut bawalah laptop ke tempat service agar bagian dalam laptop dibersihkan dan pasta pendingin processor diganti.

4. Engsel laptop goyang dan longgar

Hal ini merupakan kerusakan umum yang sering terjadi pada laptop, apalagi ketika laptop sering dibuka tutup secara kasar, atau bisa saja engsel laptop patah ketika ditaruh di tas.

Oleh karena itu sedulur harus lebih berhati-hati ketika menggunakan dan membawa laptop.

Jika engsel laptop sudah terlanjur goyang dan longgar, kemungkinan ada sekrup yang hilang dari tempatnya atau ada engsel yang patah.

5. Hard Disk tidak terdeteksi BIOS

Seiring berjalannya waktu kapasitas penyimpanan laptop menjadi penuh, dan kita perlu menambah kapasitas penyimpanan laptop dengan mengupgrade hard disk yang sudah ada di laptop.

Namun setelah memasang hard disk baru, hard disk tersebut malah tidak terdeteksi oleh BIOS. Hal ini bisa saja disebabkan pemasangan hard disk tidak pas atau hard disk yang dipasang memang sudah rusak.

Untuk menanganinya silahkan pastikan bahwa pemsangan hard disk sudah tepat.

6. Laptop mengeluarkan suara berisik

Ketika laptop nyala terdatapat suara berdesing, biasanya hal tersebut ditimbulkan dari salah satu atau beberapa komponen ini rusak : kipas heatsink, DVD drive atau hard disk.

Jika hal ini terjadi di laptop sedulur, segera bawa laptop sedulur ke service sebelum kerusakan tersebut menyebabkan masalah yang lebih serius.

7. Laptop lemot

Booting ketika menyalakan laptop berjalan lama? loading dan kinerja laptop sangat lamban?

Kinerja laptop yang lamban merupakan kerusakan laptop yang sangat umum terjadi pada laptop-laptop yang sudah berumur, untuk mengetahui apa masalah yang dihadapi coba cek hal ini :

a.apakah operation system yang sedulur pakai bermasalah atau tidak?? >> Jika operation system bermasalah segera ganti dengan operation system yang kompatibel dengan spesifikasi laptop sedulur.

b. Memori sudah penuh?? >> Jika masalah memori, segera hapus data yang tidak terpakai atau upgrade hard disk.

c. Hard disk normal? >> Jika hard disk error berarti sudah saatnya sedulur mengganti hard disk yang baru.

Nah sekian beberapa kerusakan yang umum terjadi, semoga bisa bermanfaat untuk sedulur semua, jika mengalami masalah pada laptop atau pc kesayangan sedulur, jangan ragu untuk konsultasi dan mempercayakannya pada Laptopguard.

Leave a Reply