Penyebab ASUS A412F Cepat Panas – Pada kesempatan ini kami akan membagikan artikel mengenai Laptop ASUS A412F Cepat Panas beserta penjelasannya.

Laptop cepat panas biasanya disebabkan oleh berbagai hal, baik itu dari software maupun hardware. Bagi kalian yang ingin tahu secara detail, keep reading ya.

Pada artikel ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai Laptop ASUS A412F yang cepat panas, mulai dari spesifikasi laptop nya, penyebab hingga solusinya.

Baca Juga -> 3 Jenis Penyimpanan Pada Laptop / PC

Daripada kelamaan, mungkin kita bisa langsung mulai pada pembahasannya saja. Kita akan mulai dari spesifikasi dari laptop yang cepat panas kali ini.

Spesifikasi Laptop ASUS A412F

Name Product : ASUS A412F
Processor :i3-8145U
i5-8265U
i7-8565U
RAM :4GB DDR4
8GB DDR4
Penyimpanan :512 GB SSD NVME
Kartu Grafis / VGA :Integrated Intel HD Graohics 620
Nvidia GeForce MX250 2GB GDDR5 VRAM
Ukuran Layar :14 inch LED Backlit
Resolusi Layar :FHD ( 1920 x 1080 )
Baterai :37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion Battery
Sistem Operasi :Windows 10

ASUS A412F ini merupakan seri dari Vivobook Ultra, yang mana memiliki ukuran dan desain yang kecil dan minimalis namun memiliki performa yang cukup tinggi untuk kelasnya.

Mengenai harganya, ASUS A412F ini dibanderol mulai dari 7 juta keatas, tergantung type dan spesifikasinya.

itulahh tadi spesifikasi singkat mengenai laptopnya. Sekarang kita lanjut mengenai penyebab dan solusi kenapa laptop satu ini cepat panas.

Laptop ASUS A412F Cepat Panas

Mungkin bagi sebagian dari kalian yang memakai laptop ini merasakan “laptop ku kok cepet panas ya”, “kenapa sih kok panas banget”, dan lain sebagainya.

Tenang, disini akan kami coba berikan penjelasan dan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Laptop cepat panas bisa disebabkan oleh beberapa hal, berikut diantaranya.

Bagian Dalam Laptop Kotor

Penyebab pertama laptop cepat panas yaitu kotornya bagian dalam laptop. Hal ini biasanya disebabkan karena bagian dalam laptop jarang dibersihkan. Rekomendasi dari kami, setahun sekali laptop wajib untuk dibersihkan dalamnya.

Karena debu yang ada pada laptop tersebut menghambat sirkulasi udara, sehingga menyebabkan pendingin laptop tidak dapat bekerja secara maksimal.

Pasta / Cairan Pendingin Kering

Penyebab yang kedua yaitu keringnya cairan yang berfungsi untuk mendinginkan laptop. Benda ini biasa disebut pasta pendingin.

Pasta memiliki fungsi untuk mendinginkan laptop, khususnya dibagian Processor dan juga kartu VGA. Bisa diibaratkan pasta itu seperti Oli pada kendaraan motor. Apabila oli nya habis, maka motor akan cepat panas dan bermasalah.

Kipas Laptop Bermasalah

Laptop cepat panas juga bisa disebabkan oleh kipasnya yang bermasalah dan harus diperbaiki.

Fungsi dari kipas ini sendiri sangat penting dalam mendinginkan laptop. Apabila komponen ini bermasalah, dapat dipastikan laptop akan cepat panas atau overheat.

Software Yang Dijalankan Berat

Selain hardware, software juga dapat menyebabkan laptop cepat panas.

Apabila software yang digunakan itu berat, bahkan melebihi kemampuan dari laptop itu sendiri maka laptop akan cepat panas.

Semakin tinggi dan berat suatu software, maka laptop juga akan dipacu untuk bekerja lebih. Oleh karena itu laptop terasa panas.

Penggunaan Yang Berlebihan

Laptop cepat panas juga bisa disebabkan oleh penggunaan yang berlebihan.

Hal ini perlu dihindari mengingat laptop merupakan sebuah perangkat yang tidak didesain untuk bekerja terus menerus. Berbeda halnya dengan PC Desktop.

Itulah tadi beberapa penyebab mengapa laptop cepat panas. Berikutnya akan kita bahas solusi untuk mengatasi dari berbagai penyebab diatas tadi.

Baca Juga -> 2 Cara Ampuh Mencegah Keyboard Laptop Rusak

Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas

Untuk laptop kalian yang sering dan cepat panas dapat mencoba beberapa cara yang akan kami sebutkan dibawah ini.

Bersihkan dan Ganti Pasta Pendingin Secara Rutin

Solusi pertama mengatasi laptop yang cepat panas yaitu melakukan pembersihan laptop secara rutin.

Pembersihan disini yang dimaksud yaitu bagian dalam laptop ya. Bukan pembersihan software/aplikasi.

Jangan lupa untuk mengganti pasta pendingin secara rutin ya. Hal ini sangat perlu untuk diperhatikan agar laptop tidak cepat panas.

Untuk rekomendasinya minimal 1 tahun sekali laptop perlu untuk dilakukan maintenance / perbaikan secara menyeluruh. Mulai dari pembersihan bagian dalam hingga ganti pasta pendingin yang baru.

Ganti Kipas / Fan Laptop Yang Bermasalah

Apabila fan laptop kalian bermasalah maka perbaiki atau ganti sesegera mungkin. Mengingat fungsi dari kipas ini cukup penting, maka kalian wajib memperhatikan komponen satu ini.

Untuk mengetahui apakah kipas kita bermasalah atau tidak, coba dengarkan atau rasakan apakah kipas berjalan dengan baik atau tidak.

Namun apabila kalian tidak dapat memastikan apakah kipas tersebut rusak atau tidak, maka langkah yang dapat kalian lakukan yaitu membongkar laptopnya.

Dengan cara ini kita dapat mengetahui lebih pasti apakah kipas bermasalah atau tidak.

Hindari Menggunakan Software Berat Dalam Waktu Yang Lama

Menggunakan software atau aplikasi yang berat dalam waktu yang cukup lama dapat membuat laptop panas.

Sangat disarankan untuk menghindari penggunaan software berat dalam waktu yang lama.

Itulah tadi beberapa solusi mengatasi laptop yang cepat panas.

Laptop ASUS Vivobook A412F ini memiliki ukuran yang kecil, minimalis namun didukung oleh processor yang cukup tinggi, sehingga laptop menjadi mudah dan cepat panas.

Bagi kalian pengguna ASUS A412F ini disarankan untuk memperhatikan penggunaan dan perawatannya. Karena seperti halnya dengan laptop asus atau lenovo seri slim lainnya, sangat mudah dan cepat panas.

Mungkin cukup sekian artikel kali ini mengenai Laptop ASUS A412F Cepat Panas. Terima kasih, dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di tutorial dan artikel menarik lagi selanjutnya.

Leave a Reply