https://laptopguard.co.id

Saat ini pengguna laptop memang sudah banyak, disamping karena harganya yang sudah mulai terjangkau. Peredaran laptop bekas kini sudah banyak ditemukan diberbagai wilayah. Bahkan tidak sedikit calon user yang lebih memilih membeli laptop bekas ketimbang laptop baru, biasanya karena selisih yang cukup lumayan sehingga lebih memilih laptop bekas.

Namun membeli laptop baru pun juga bukan tanpa resiko, meskipun laptop baru jika unit yang diterima tidak bagus bisa jadi umurnya tidak panjang. Salah satu kerusakan yang paling sering terjadi biasanya pada mainboard. Kerusakan pada mainboard memang sulit untuk dicegah, namun sebenarnya ada beberapa penyebab mainboard jadi rusak. Berikut ini 5 Penyebab Mainboard Laptop Rusak.

5 Penyebab Mainboard Laptop Rusak

Korosi

Salah satu penyebab yang sering menjadi masalah pada mainboard tentu saja adalah korosi. Korosi pada mainboard sering terjadi ketika laptop tidak sengaja terkena air. Meskipun termasuk humar eror, namun korosi seringkali membuat mainboard eror dan laptop menjadi mati total. Untuk korosi biasanya masih bisa diperbaiki tergantung dari tingkat korosinya, karena terkadang korosi parah dan sudah merusak sebagian besar jalur pada mainboard.

Listrik Tidak Stabil

Penyebab kerusakan mainboard laptop berikutnya adalah listrik yang tidak stabil. Listrik yang tidak stabil memang sering membat peralatan elektronik menjadi cepat rusak. Untuk laptop bisa menyebabkan kerusakan pada mainboard, ini karena supply listrik ke mainboard menjadi tidak teratur. Dan membuat mainboard bermasalah, jadi apabila memang listrik tidak stabil ada baiknya untuk mencopot salah satu perangkat elektronik yang lain.

Tanpa Baterai

Mungkin banyak yang mengira kalau tidak menggunakan baterai laptop bakal aman. Namun apabila listrik sering turun dan laptop sering mati tiba-tiba akan membuat mainboard laptop cepat rusak. Ini karena fungsi baterai untuk menstabilkan daya listrik, jadi ketika mati listrik laptop tidak langsung mati. Karena laptop yang sering mati paksa bisa membuat mainboard cepat rusak.

Charger Tidak Asli

Yang berikut ini mungkin masih sering diabakan oleh banyak pengguna laptop. Menggunakan charger yang bukan asli bawaannya bisa membuat mainboard laptop menjadi rusak. Sebenarnya bukan masalah chargernya, namun pada tegangan charger tersebut, charger bawaan biasanya sudah disesuaikan dengan laptopnya. Namun jika charger tidak asli biasanya bisa lebih besar ataupun lebih kecil, dan ini bisa membuat supply listrik pada mainboard menjadi tidak sesuai.

Overheat

Yang terakhir adalah overheat, ini masalah yang cukup serius sebenarnya. Laptop yang sampai overheat berpotensi terjadi kerusakan pada mainboard, biasanya salah satu komponen mainboard mengalami eror. Jadi ketika laptop terlalu panas sebaiknya dimatikan untuk beberapa saat agar tidak terjadi overheat.

Itulah 5 Penyebab Mainboard Laptop Rusak. Jika laptop mengalami kerusakan bisa menghubungi nomor teknisi Laptopguard service laptop jogja bergaransi di bawah ini untuk melakukan perbaikan.

Leave a Reply