Servis Laptop Compaq Presario CQ42 Ganti Baterai CMOS

Servis Laptop Compaq – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Servis Laptop Compaq Presario CQ42 ganti baterai CMOS.

CMOS adalah sebuah baterai yang ada di laptop, baterai ini berbeda dengan baterai laptop biasa. CMOS ini berukuran kecil seperti baterai untuk mainan atau jam, yang berbentuk tipis dan bulat.

Kegunaan bateraipun juga berbeda dengan baterai biasanya, sebelum masuk ke inti permasalahannya kami akan menjelaskan spesifikasinya terlebih dahulu.

Spesifikasi Laptop Compaq Presario CQ42

Name Product : Laptop Compaq Presario CQ42

Processor : Intel Core i5

Ram : 3 GB

SSD : 320 GB

Os : Windows 10

Nah itu dia spesifikasi dari Laptop Compaq Presario CQ42, setelah kita mengetahui beberapa spesifikasi dari laptopnya lanjut ke inti masalahnya.

Setelah kami menjelaskan diatas tentang CMOS, kami akan menjelaskan apa sih kegunaan dari Baterai CMOS tersebut di laptop kita.

Pengertian CMOS

CMOS (Complementary metal–oxide–semiconductor) atau semikonduktor–oksida–logam komplementer adalah suatu komponen dalam laptop sangat penting kegunannya saat laptop kita dalam keadaan mati.

Nah Cmos ini berbentuk seperti kapsul yang tipis, dia bulat tapi tipis. Ada beberapa fungsi dari Baterai ini, selain bisa menyimpan / menyetel tanggal dan waktu pada laptop kita ada beberapa fungsi lain.

Fungsi dari CMOS

Mengatur Tanggal & Waktu

Pada saat kondisi laptop kita mati tidak mungkin bisa waktu dan tanggal pada laptop kita bisa berjalan dengan normal padahal semua sistem pasti juga ikut mati.

Nah ini dia fungsi dari baterai cmos ini pada laptop kita, waktu dan tanggal pada laptop kita tetap masih berjalan walaupun semua sistem dalam laptop kita mati.

Menyimpan Pengaturan dari BIOS

Saat kita mengatur pengaturan pada BIOS baterai Cmos ini juga ikut berfungsi untuk menyimpan semua pengaturan system yang ada di BIOS tersebut.

Jadi kegunaan dari baterai CMOS ini adalah menyimpan settingan BIOS dari yang sebelum hidup dan setelah hidup.

Nah kami disini juga akan memberitahu kalian hal apa saja yang akan terjadi jika Baterai CMOS kita rusak atau habis.

Baterai CMOS ini juga bisa habis dan akan sangat berpengaruh jika tidak menggantinya, ini bisa membuat kita harus setting terlebih dahulu jika ingin menggunakan laptop kita.

Hal Yang Terjadi jika Baterai CMOS Rusak/Habis

Tanggal dan Waktu Akan Berbeda

Seperti yang kami jelaskan di atas, jika batreai CMOS yang kita miliki habis / rusak waktu dan tanggal pada laptop kita akan mengalami error atau tidak sincron pada jam dan tanggal yang sebenarnya.

Inilah kenapa walaupun laptop keadaan mati, dan saat kita hidupkan waktu dan tanggal pada laptop kita akan tetap sama.

Baca Juga -> Cara Menghubungkan Domain Freenom ke Cpanel

Menyimpan Settingan BIOS

Selain bisa mengatur tanggal dan waktu, Baterai CMOS juga bisa menyimpan settingan BIOS. Inilah kenapa harus ada baterai CMOS pada laptop kita. Saat kita menghidupkan laptop kita tidak harus menyetting biosnya terlebih dahulu.

Kita tinggal memakainya, tapi kalau baterai CMOS kita rusak maka setiap kita ingin menggunakan laptop atau saat menghidupkan laptop kita harus menyetting selalu BIOS kita dan itu pasti sangat merepotkan.

Nah untuk kalian yang ingin mengganti baterai CMOS sendiri kami akan memberi tahu bagaimana caranya

Cara Mengganti Baterai CMOS

Posisikan motherboard pada posisi yang nyaman, posisi nyaman ini bertujuan agar nanti saat kita mengganti baterai CMOS tidak merusak bagian yang lain.

Kemudian congkel baterai CMOS tersebut dengan obeng minus, dan lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak motherboard.

Pasang baterai CMOS yang baru dengan posisi yang tadi.

Itu dia artikel kami tentang Servis Laptop Compaq Presario CQ42 ganti baterai CMOS, artikel ini bertujuan untuk mengetahui CMOS dan kalian bisa mencoba untuk mengganti sendiri baterai CMOS.

Tapi jika kalian ragu bisa datang ke tempat kami atau telpon ke no 085228201684

Leave a Reply