Sebagian dari orang menyepelekan dalam merawat laptopnya, mereka berpikir jika terjadi kerusakan kecil tidak akan ada masalah besar dan hanya di abaikan saja. Ada orang yang hanya memakai laptop tinggal memakai saja. Mungkin terjadi masalah di laptopnya tetapi tidak menyadari ada kerusakan di laptopnya di karena kan acuh tak acuh dan tidak merawat laptopnya. Jika sudah parah sekali kerusakannya barulah mereka sadar dan baru memperbaiki laptop mereka dengan memerlukan servis yang berat.

Ada pepatah “ Lebih baik mencegah daripada mengobati,” maksudnya lebih baik kalian merawat dan mengecek laptop kalian sebelum mengalami kerusakan dari kerusakan ringan maupun kerusakan yang berat. Untuk mencegah terjadinya kerusakan kerusakan pada laptop sebisa mungkin untuk melakukan perawatan dan pengecekan  pada laptop, karena bukan hanya transportasi seperti motor, mobil ,dan lain lainnya yang membutuhkan perawatan. Laptop justru butuh perawatan yang rutin sebisa mungkin.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan kecil maupun besar pada laptop, lakukanlah pemeriksaan dan pengecekan rutin pada laptop. Hal hal yang dilakukan supaya laptop kalian tetap dalam kondisi yang aman dan berfungsi dengan baik.

  • Bersihkanlah Laptop Kalian

Kalian dapat melakukan servis secara rutin satu tahun, 1 atau 2 kali untuk membersihkan bagian komponen pada laptop.

  • Bersihkanlah file sampah

Banyaknya file sampah di laptop biasanya disebabkan oleh banyaknya aplikasi atau program pada laptop yang bisa membuat laptop kalian menjadi lemot. Maka dari itu bersihkanlah file – file sampah pada laptop.

  • Pasanglah Antivirus

Laptop yang sering kali kemasukan oleh virus biasanya laptop yang berbasis Windows yang menyebabkan kinerja laptop ekstra sehingga laptop menjadi lemot saat digunakan. Maka dari itu, pasanglah software antivirus agar laptop kalian secara otomatis membersihkan secara menyeluruh. Full scan setiap minggunya agar tidak ada virus pada laptop kalian.

  • Upgradelah ke SSD 

Jika laptop kalian lemot, masalahnya adalah laptop kalian masih menggunakan HDD. Solusinya agar laptop kalian tidak lemot yaitu dengan mengganti HDD kalian ke SSD.

  • Jagalah laptop agar tetap dalam keadaan dingin

Kebanyakan dari orang laptopnya mengalami overheating yang mana ini dapat mengurangi umur baterai laptop dan merusak komponennya. Untuk mengatasi itu lakukanlah pemeriksaan kipas pendingin laptop secara berkala dan juga jika saat menggunakan laptop gunakanlah alas pendingin

  • Lindungilah layar laptop

Gunakanlah pelindung layar yang di mana dapat melindungi layar dari goresan dan kerusakan. Bersihkan layar menggunakan kain khusus yang lembut untuk menghindari goresan.

  • Jagalah baterai

Untuk menjaga baterai optimal sebaiknya hindari pengisian penuh laptop  terlalu sering. Isilah baterai saat tingkat daya 20-30 persen. Pastikan supaya laptop dalam keadaan tidur atau mati saat sedang tidak digunakan, ini supaya menghemat daya baterai.

Beberapa hal hal di atas yang perlu dilakukan supaya laptop kalian tetap dalam kondisi yang aman dan berfungsi dengan baik. Jika sudah mengalami kerusakan berat pastikan segera menservis kan laptop Anda ke tempat servis. Agar kalian mengetahui tanda tanda seperti apa laptop yang harus di servis. Berikut tanda – tanda jika laptop kamu perlu di servis :

  1. Baterai tidak mau terisi.
  2. Mati secara mendadak.
  3. Muncul layar biru.
  4. Program menjadi lemot.
  5. Laptop menjadi panas / overheating.
  6. Laptop menjadi berisik karena kipas yang tersumbat.
  7. Masalah pada sinyal, nirkabel, dan jaringan.
  8. Tombol keyboard tidak dapat digunakan.
  9. Layar retak / LCD rusak.
  10. Laptop terkena virus.

Di atas merupakan tanda – tanda laptop harus di servis. Jika laptop kalian sudah mengalami tanda – tanda di atas maka, bersegeralah untuk menservis laptop kalian ke tempat servis.

Untuk yang berada didaerah Jogja dan sekitarnya masih bingung untuk mencari tempat servis laptop. Kalian dapat menserviskan laptop kalian ke Laptop Guard yang terletak di Jl. Godean No.km 5, Area sawah , Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Buka setiap hari pada pukul 09.00 – 20.00 WIB. Hubungi layanan konsumen di bawah ini.

https://api.whatsapp.com/send?phone=6285228201684&text=Halo%20Laptop%20Guard .

Leave a Reply