https://laptopguard.co.id

Modern ini produsen laptop memang sedang gencar gencarnya melakukan inovasi pada laptop. Kini laptop keluaran terbaru banyak yang punyai desain minimalis serta punya spek yang kencang. Namun tak sedikit pengguna laptop yang masih menggunakan seri lama, bukan hanya karena buget yang terbatas. Namun secara prnggunaan pun laptop yang lama masih bisa digunakan.

Tetapi mungkin bedanya hanya pada masalah yang sering muncul pada laptop lama, salah satunya mungkin lemot. Untuk laptop yang sudah berumur mengalami lemot seharusnya memang sudah wajar. Namun sebenarnya ada beberapa cara untuk memaksimalkan laptop tersebut. Berikut ini 4 Tips Upgrade Laptop Lama Agar Performa Kencang.

4 Tips Upgrade Laptop Lama Agar Performa Kencang

Instal Ulang Windows

Pertama kali mungkin bisa instal ulang windows atau reset windows. Terkadang bukan karena hardware yang membuat laptop terasa lemot serta sering hang. Namun karena windows yang sering mengalami eror, untuk itu solusinya adalah instal ulang windows atau reset windows. Dengan cara ini bisa membuat laptop menjadi kembali seperti baru karena aplikasi bawaanya masih sedikit. Ini juga bertujuan agar laptop lancar kembali dan mengembalikan setingan windows.

Upgrade SSD

Salah satu upgrade yang paling penting mungkin adalah SSD. Biasanya laptop lama masih menggunakan penyimpanan harddisk, sekarang sudah bukan eranya lagi penyimpanan sistem menggunakan harddisk. Upgrade ke SSD agar performa meningkat, bahkan perbedaan menggunakan harddisk dan SSD bisa 10x lipat secara performa. Maka tidak heran jika laptop keluaran terbaru kini sudah jarang yang menggunakan harddisk, saat ini sudah mulai beralih ke penyimpanan yang lebih bagus performanya yaitu SSD.

Bersihkan Laptop

Sebenarnya ini bukan termasuk upgrade, namun menjadi salah satu poin penting yang bisa meningkatkan performa dari laptop. Bongkar casing laptop kemudian bersihkan seluruh area tersebut, salah satunya yang mungkin paling kotor adalah kipas. Debu dalam laptop bisa menghambat sirkulasi udara dan membuat laptop menjadi cepat panas. Karena itu bersihkan secara menyeluruh, tidak lupa untuk ganti thermal pasta apabila sudah tidak lama ganti agar proses pendinginan prosesor berkerja degan baik.

Upgrade RAM

Yang terakhir jika masih ada sisa budget bisa dialokasikan ke RAM. RAM tersebut bertjuan agar laptop menjadi lebih kencang. Selain itu biasanya laptop lama masih mengguanak RAM 2GB, saat ini RAM minimal 4GB untuk semua jenis laptop. Bahkan mulai susah untuk ditemui penjual laptop dengan RAM terpasang hanya 2GB, kemungkinannya hanya dua. Laptop keluarana yang sangat lama atau tidak bisa ditambah RAM.

Itulah 4 Tips Upgrade Laptop Lama Agar Performa Kencang. Jika laptop mengalami kerusakan bisa menghubungi nomor teknisi Laptopguard service laptop jogja bergaransi di bawah ini untuk melakukan perbaikan.

Leave a Reply